Aku baru bisa bikin part 2-nya nih. Di Part 2 ini aku akan cerita tentang sebagian besar hal utama yang aku kerjakan saat program training, dan pengalaman di kampus.

Gedung perpus di Miyazaki University (dok. Pribadi)

Welcome Party

Pada sore hari di minggu pertama para Sensei mengadakan ‘welcome party’ pada peserta training dan Mereka menyajikan Sushi sebagai makanan utama. Karena ada daging yang tidak halal, jadi kita harus bertanya detailnya pada mereka supaya tidak salah makan.

Beraneka macam Sushi di Mejaku (dok.Pribadi)

Laboratory

Jadi disana itu aku belajar tentang Bioteknologi dan yang sering aku kerjakan di laboratorium tuh adalah PCR, juga pernah melakukan Tembak Gen. Sebelum berangkat ke Miyazaki aku memang belum pernah melakukan PCR jadi disana benar-benar ilmu baru buat aku.

dok. pribadi

Karena training ini mencakup agroekoteknologi yaitu pertanian, perikanan dan peternakan. Ternyata bukan cuma tentang tanaman saja yang dipelajari, tetapi aku juga belajar tentang embrio ikan dan sedikit ttg peternakan.

Suasana di Laboratorium (dok.Pribadi)

Professor penyuka Ayam Kecap

Pernah suatu ketika ada pengisi materi dari Kementerian teknologi Jepang dan seusai kelas beliau mendatangi aku dan temanku. Beliau bertanya padaku Apakah benar Aku dari Indonesia. Lalu setelah tahu beliau bertanya apakah aku kenal dengan Pak Habibie. Beliau sangat kagum dengan Pak Habibie dan Beliau pernah bertemu sekali dengan Pak Habibie. Masya Allah seterkenal itu Pak Habibie di Mata dunia.. aku jawab apa adanya bahwa aku tidak kenal secara langsung tapi ‘semua’ orang Indonesia tahu siapa Pak Habibie. Profesor itu mengerti maksudku. Lalu Profesor itu lanjut bercerita bahwa Beliau pernah tinggal di Sulawesi untuk penelitian tentang ikan. Dan.. Dia sangat suka dengan masakan bernama ayam kecap. Dia sangat kangen makanan itu katanya.😁😁

Sekilas Tentang Dokumentasi

Pada minggu pertama aku sih Intens banget foto-fotonya maklum ya baru datang di sana.. Jadi tiap ketemu tulisan Jepang kita bawaannya pengen foto aja🤣. Tapi sebaiknya kita harus tahu artinya ya! Aku sempet nanya ke temanku orang Jepang jika tulisan yang Aku ingin tahu artinya..

Asyik dapat pinjaman sepeda, jadi bisa keliling 🥰 (dok.Pribadi)
Ying, teman dari Thailand yang ikutan cari spot bagus. (dok Pribadi)

Misal di foto ini aku dan temanku Ying orang Thailand kita berfoto di plang yg ada tulisan penunjuk jalan kata teman sih ini artinya jalanan landai ke bawah. pemandangannya bagus ya banyak bukit di sini.

Aku senang banget sih di Miyazaki walaupun kotanya tidak sebesar Fukuoka apalagi Tokyo hehe.. Tapi orang-orang disini ramah. Aku pernah tuh nggak tahu harus naik bis yang mana untuk kembali ke Dormitory tetapi ada orang yang berbaik hati mengantarkan aku sampai ke bis tujuanku. Aku juga pernah bersepeda di pantai dan seorang kakek tua menyemangatiku dengan bahasa Jepang yang jelas aku dengar yaitu Ganbatte mungkin ini termasuk ciri khas kota kecil ya penduduknya ramah-ramah.

Farewell Party

Pada akhir program pun diadakan acara farewell party.. Nah di sini Ini Mereka menyajikan menu utama yaitu Shabu-Shabu. Selain itu, di luar kampus pun Kami juga mengadakan cara makan di luar, seru2an bersama teman-teman.

Itulah sebagian besar pengalamanku di Jepang. Insya Allah nanti akan berbagi cerita lagi tentang pengalaman2 lainnya ya 🤗