Anak-anak merupakan anugrah dari Allah SWT yang bukan hanya milik keluarga, tetapi juga sebagai generasi penerus bangsa yang harus dilindungi.  Calon generasi bangsa ini diharapkan menjadi manusia mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa. Perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Angka Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Saat Pandemi

Sungguh mencengangkan! Itulah gambaran ketika melihat angka kekerasan pada anak selama pandemi. Menurut data KemenPPPA pada 2020, jumlah kekerasan terhadap anak meningkat menjadi 11.278 kasus, di antaranya kekerasan fisik 2.900 kasus, psikis 2.737 kasus, kekerasan seksual 6.980 kasus, eksploitasi 133 kasus, TPPO 213 kasus, penelantaran 864 kasus, dan kasus kekerasan lainnya sebanyak 1.121.
Pada 2021 data Januari-September, jumlah kekerasan pada anak sebanyak 9.428 kasus. Terdiri dari kekerasan fisik 2.274 kasus, psikis 2.332, seksual 5.628 kasus, eksploitasi anak 165 kasus, TPPO 256 kasus, penelantaran 652 kasus, dan kasus kekerasan lainnya sebanyak 1.270 kasus.
Hal ini sungguh memprihatinkan karena kita sebagai manusia perlu adanya hak asasi. Hak Asasi Manusia (HAM) penting karena mereka melindungi hak kita untuk hidup dengan harga diri, yang meliputi hak untuk hidup, hak atas kebebasan dan keamanan. Apalagi pada anak-anak yang merupakan aset masa depan bangsa, yang harus dilindungi.

Belajar bersama Popmama Parenting Academy 2021

Di era digital ini, kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi sangat mudah diakses. Informasi tentang kekerasan pada anak serta pencegahannya pun sangat banyak di jagad media online. Saya juga menemukan banyak informasi yang bagus pada Popmama Parenting Academy. Popmama Academy memiliki empat pilar yaitu health, edukasi, childe abuse, finasial. Selain itu, Popmama juga memiliki acara yang mendukung orang tua dan komunitas.

1. Popmama.com Segera Luncurkan Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi

Istilah generasi pandemi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, mengingat apa yang kita alami selama pandemi covid belakangan ini. Kita harus jadi orang tua yang cerdas di era pandemi. Karena perlakuan dan stimuli yang kita berikan pada anak-anak pasti tidak semudah saat sebelum pandemi menyerang. Eitts, tetapi tidak perlu khawatir tentang bagaimana pengasuhan anak kita nantinya. Di sinilah Popmama.com kemudian mengambil peran dengan membuat buku Parenting Guide for Pandemic Generation, panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orangtua. Buku panduan pengasuhan generasi pandemi ini adalah salah satu rangkaian program Popmama.com Parenting Academy 2021: Parents Support Parents. Buku dengan format e-book ini nanti bisa didownload dari website Popmama.com.

2. Community Award

Untuk para mama atau ibu yang memiliki komunitas, ada kabar yang menyenangkan nih. POPAC 2021 hadir dengan berbagai hal baru di tahun ketiganya ini. Di POPAC 2021 ini ada rangkaian baru yang diadakan yaitu Community Awards. Community Awards adalah ajang penghargaan komunitas dari Popmama.com di acara POPAC 2021. Acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat. Yuk daftarkan komunitas mama disini!

3. Popmama Little Star

Setiap anak terlahir dengan bakatnya masing-masing. Sebagai orangtua, kita bisa membantu dan mendukung anak untuk mengeksplorasi bakat tersebut. Mengetahui bakat dan minat dapat dilihat dari apa saja yang anak-anak sukai tanpa ada paksaan. Selanjutnya, Mama dapat menunjukkan kemampuan si Kecil melalui acara Popmama Little Star 2021 agar bakatnya semakin terasah dan diketahui oleh banyak orang. Selain itu, acara Popmama Little Star 2021 bertabur hadiah menarik. Jadi, yuk langsung daftarkan acak untuk mengikuti Popmama Little Star.

4. Lomba Blog

Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021 hadir kembali. Bagi blogger yang aktif atau mencoba memulai menulis bisa berpartisipasi dalam kompetisi ini. Lomba menulis ini terbuka untuk siapapun dan tidak dipungut biaya apapun. Beragam hadiah uang tunai dan doorprize sudah Popmama.com siapkan.

Pada akhirnya kita sebagai orang tua harus memahami dan melindungi anak kita. Kita harus punya banyak pengetahuan mengenai child abuse yang saat ini marak terjadi. Yuk kita belajar bersama Popmama Parenting Academy 2021 dan ikuti rangkaian acaranya.