Assalamualaikum semua.. Kali ini aku ingin membahas tentang istilah yang akhir-akhir ini sangat banyak diperbincangkan di media sosial ataupun kehidupan sehari-hari yaitu tentang Mental Health (Kesehatan Mental).

Mental health banyak diperbincangkan akhir-akhir ini karena bertambahnya jangkauan masyarakat tentang ilmu pengetahuan yang mudah diakses dan disebarluaskan melalui media sosial. Masalah sehari-hari pun yang dirasakan banyak orang mudah menjadi topik-topik di media sosial, misalkan masalah sakit hati, inner child, saling menghargai, dll. Banyak pula diangkat menjadi cerita dalam film. Semakin banyak diperbincangkan, semakin viral dan mendapat tanggapan para ahli untuk mengupasnya.

Mental health sendiri adalah Kesehatan mental, yaitu kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang baik secara psikologis, emosional, maupun sosial. Sedangkan jika kita sering merasa stress akan tuntutan hidup, perkataan seseorang, atau terus-menerus merasa cemas, bisa jadi kesehatan mental kita terganggu. Kesehatan mental sangat penting pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa. Kesehatan mental memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kesehatan mental terganggu, maka bisa menyebabkan Mental illness atau yang disebut juga gangguan kesehatan mental. Gangguan mental disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor misalnya biologi, psikologis dan sosial. Beberapa ciri gangguan mental misalnya merasa sedih berkepanjangan, putus asa, mengalami masalah tidur, dan sangat sensitif. Ada lebih dari 200 jenis mental illness yang bisa dialami seseorang. Beberapa contohnya seperti Depresi, gangguan kecemasan, ADHD, Skizofrenia.

Salah satu contoh penyebab gangguan mental adalah Bullying. Selain menyebabkan rasa sakit hati, bullying juga menyebabkan korban merasa tidak percaya diri, mudah minder, gangguan kecemasan, tidak bersemangat bahkan menjadi penyendiri.

Banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk menciptakan mental health yang baik, diantaranya:
✔ Menerima diri sendiri
✔Berdamai dengan masa lalu
✔Berolahraga
✔Mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri
✔Beristirahat yang cukup
✔Bersyukur
✔Mencari support system dan bangun kehidupan sosial
✔Melakukan kegiatan yang membuat tenang
✔Melakukan terapi emosional dg cara memijat bagian tertentu disaat stress
✔Menghubungi tenaga professional jika dibutuhkan.