Melihat kondisi masuknya varian baru di Negara kita sungguh menyayat hati. Betapa tidak, dengan kabar masuknya vaksin saya beharap pandemi bisa segera selesai. Namun tantangan baru kembali hadir dan kita mau tak mau harus melawannya. Kita harus bisa bertahan di situasi genting ini. Harus lebih siaga melawan varian virus baru yang sudah merambah ke Negara kita.

dok. rri.co.id

Sudah lebih dari setahun sejak kasus pertama virus Corona ditemukan di Indonesia. Kini datang varian baru yang lebih cepat penularannya yaitu varian Delta. Virus corona varian Delta pertama kali ditemukan di Negara India pada Oktober 2020 dan kini mulai menyebar ke Indonesia. Varian Delta disebut bisa menular hanya dengan berpapasan. Melihat dan mendengar dai berita di TV saat ini jumlah pasien yang datang ke rumah-rumah sakit sangat tinggi membuat rumah sakit kewalahan. Angka kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pun tergolong rendah. Rasanya memang lelah kita menghadapi semua ini, apalagi garda terdepan yang berjuang dengan segenap jiwa raga. Sedangkan masih banyak yang tidak disiplin tentang prokes.

Penggunaan double masker yang benar, yaitu masker bedah dan masker kain.

Saat ini protokol kesehatan merupakan ikhtiar wajib (nggak bisa ditawar) untuk mencegah virus corona. Penggunaan double maskerpun kini gencar dihimbau pemerintah demi mengurangi pandemi ini. Peralatan perang seperti disinfectant, hand sanitizer, face shield juga harus disiapkan. Jaga kesehatan, jangan terlalu lelah, dan selalu sedia makanan atau suplemen yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, sebaiknya tidak perlu bertemu atau berkumpul dahulu saat ini, keluar rumah hanya saat kebutuhan mendesak saja dan segera juga lakukan vaksinasi. Dilansir dari Detik Health, Vaksinasi bisa mencegah penularan dan jika tertular, kebanyakan pasien hanya mengalami gejala ringan.

                Ikhtiar lahir dan batin pun perlu kita lakukan. Kita harus selalu ikhtiar dan berdoa dalam menyikapi segala permasalahan hidup termasuk adanya virus ini. Mari kita memohon perlindungan kepada Allah dari penyakit yang saat ini sedang mewabah. Berdoa mengajarkan kita untuk selalu bersabar, mengurangi sikap yang sering mengeluh, dan berserah diri kepada Allah.