Halo semua, aku mau cerita pengalamanku menemani anak-anak beraktivitas dan bermain. Awal bulan lalu anakku request mainan untuk hari ulang tahunnya. Semua pasti Anak Zaman now udah tahu ya Mainan yang lagi populer ini.. Yups, bener banget, namanya Aquabeads. Sebelumnya dia juga pernah punya tapi ukurannya lebih kecil dan lebih sedikit beads nya. 

Ternyata mainan ini dikembangkan di Jepang, di mana telah sukses di pasar sejak 2004. Sekarang dijual di lebih dari 45 negara. Oh ya, awalnya aku juga sempet was-was tentang bahannya tapi ternyata bahannya aman sih. Telah dikonfirmasi oleh laboratorium pengujian pihak ketiga bahwa Aquabeads memenuhi standar keamanan mainan dari berbagai negara secara global.

Bahannya apa ya?

Aquabeads adalah manik-manik unik yang menempel dengan air. Bahan utama dalam beads adalah PVOH (PVA/polivinil alkohol). Belum ada laporan yang menunjukkan bahwa PVOH beracun. Ini juga telah disetujui sebagai eksipien farmasi (aditif), dan digunakan dalam pelapis untuk pil/tablet dll. Juga digunakan dalam produk lain termasuk kosmetik seperti lotion kecantikan, bahan kemasan untuk produk makanan dan lem yang digunakan dalam perangko jenis yang ditempelkan dengan menerapkan kelembaban. Zat pahit telah ditambahkan ke beads untuk mencegah anak-anak memakan/menelannya secara tidak sengaja.

Wah baru tahu juga nih kalau ada zat pahitnya. Zat pahit ini dianggap tidak memiliki efek pada kesehatan. Jika manik-manik tidak sengaja masuk ke mulut anak, segera bilas dengan air yah moms untuk menghilangkan rasa pahit yang tersisa. Ada juga kasus di mana beberapa zat pahit mungkin tetap menempel di tangan setelah bermain, jadi harap cuci tangan dengan bersih setelah beraktivitas.

Manfaat

Si kakak seneng banget mainnya. Adik-adiknya sebenernya pengen main juga, tapi harus dengan pengawasan khusus. Jadi aku hanya ijinkan mereka melihat atau membantu kakaknya. Jadi tetap kakaknya yang bermain lebih banyak. Karena aquabeads cocoknya untuk anak-anak berusia 4 tahun ke atas.

Kalau aku lihat lagi, manfaatnya banyak, diantaranya adalah membangun kreativitas, mengembangkan imajinasi, belajar sabar dan teliti, serta belajar memadupadankan warna.

Anakku bisa menikmati seluruh proses dari awal hingga akhir yang akan menimbulkan rasa bangga akan hasil karyanya.